Sabtu, 16 November 2013
cara setting KARBURATOR motor bebek
By iqbal hanafi at Sabtu, November 16, 2013
1 comment
pasti terkadang banyak yang bingung kan tentang BARANG yg satu ini ?
yaaa,karburator namanya ~
Peranti yang 1 ini sangatlah vital karena merupakan salah satu bertugas menghasilkan tenaga dari motor tersebut, salah penanganan maka akan sangat berdampak pada performa motor tersebut.
Tugas utama karburator adalah mencampur Bahan Bakar (BB) + Udara (O2). Kira-kira dengan perbandingan range nya BB : O2 adl 1 : 13-15. Pokoknya gmn caranya biar mesin dapet suplai campuran segitu.
Kenapa pake range, padahal teori di buku2 pembakaran ideal itu 1:14?
Jwbannya adl Karena kondisi mesin & linkungan mempengaruhi settingan campuran BB:O2.
Misal:
Kompresi makin tinggi BERARTI mesin makin panas BERARTI butuh suplai BB lebih banyak biar mesin gak jebol.
Humidity (kelembaban) lingkungan makin tinggi BERARTI campuran BB terkontaminasi air, BERARTI campuran makin miskin, BERARTI bensin hrs lebih banyak.
Suhu lingkungan rendah BERARTI suhu kerja mesin turun BERARTI bensin harus dikurangi agar suhu kerja mesin jadi ideal.
Knalpot bobokan (Free flow) BERARTI rpm makin tinggi BERARTI suhu mesin meningkat BERARTI butuh BB makin tinggi.
Dan masih banyak lagi parameter yg harus diperhatiin termasuk desain lubang masuk pada blok yg b’pengaruh dg settingan spuyer sebagai penyalur BB.
Itu teori dasarnya.
Setting Karbu:
Karbu pny 2 spuyer :
Satu buah main jet (tuk NSR std ukurannya 130) yg berperan meyalurkan BB saat bukaan gas sekitar setengah putaran keatas
Satu buah pilot jet (NSR std ukurannya 45) yg berperan menyalurkan BB dari putaran gas 0 derajat sampe penuh, cm efek dari pilot jet ini bisa dikatakan tidak terlalu signifikan pada bukaan gas penuh N rpm mesin yg sudah tinggi.
Hal lain yg berpengaruh dengan setingan termasuk :
Ukuran Venturi karbu
Jarum skep
Stelan angin
Power jet.
Venturi karbu makin besar maka makin banyak udara yg lewat shg butuh spuyer lebih besar baik pilot atau main jetnya spy campuran bisa pas.
Trus kapan kita membesarkan ato mengecilkan spuyer2 tadi?
Sebelumnya hrs tahu dulu gejala2 mesin saat kekurangan BB dan kebanyakan BB:
1. “Ngempos” adalah gejala mesin spt kehilangan tenaga yg disebabkan kekurangan BB
2. “Mberebet” adl gejala mesin yg sebenernya dirasa padat cm tenaga seperti tertahan dan kadang dibarengi dengan suara benturan logam kalo settingannya terlalu basah.
Berarti kl NGEMPOS mesin butuh BB, kl BREBET mesin kebanyakan BB.
Kasus-Kasus
Nah berikut kasus2 yg sering terjadi krn masalah pilot jet :
Motor kl pagi susah hidup krn begitu gas dibuka ngempos terus mati ya berarti naekin pilot jet.
Motor dah jalan tapi sering tiba2 kehilangan tenaga saat putaran gas N putaran rendah berarti naekin pilot jet
Motor sering over heat saat jalan pelan berarti minta naek pilot jet
Motor brebet di putaran bawah tapi enak di put atas berarti pilot jet kebesaran.
Motor gak pake di cuk kl pagi N bisa langsung start
(ini jg gak normal) berarti pilot hrs turun.
Kesimpulannya, kl ada gejala ngempos,suhu tinggi diputaran yg relatif rendah maka minta naek pilot jet, N kl ada gejala brebet di put rendah jg maka pilot hrs turun.
Trus tuk kasus2 mainjet:
Mtr dibawa kebut2an sampe putaran atas trus begitu finish jalan pelan2 jadi ngempos dibarengi asep ngebul BERARTI suhu saat putaran tinggi meningkat drastis BERARTI main jet minta naik
Nafas motor di putaran atas terlalu panjang berarti mainjet minta naik.
Mtr ngelitik padahal yg lain normal BERARTI suhu mesin SANGAT TINGGI saat putaran atas BERARTI main jet minta naik.
Motor Brebet di put atas saja berarti main jet minta turun
dll
Kesimpulannya, jika mtr Brebet di put atas berarti main jet hrs turun, jika mtr suhunya tinggi di putaran atas berarti main jet minta naik.
Note:
Setiap ada perubahan ukuran spuyer wajib setting angin
Jangan berpatokan pada indikator suhu di dashboard tuk panduan setting krn pasti gak sesuai, ini butuh joki yg feelingnya dah kuat.
Adakalanya detonasi tdk bisa diobati dengan naekin spuyer jika detonasinya sudah parah. Ini berarti ada ketidaknormalan pada komponen mesin lainnya.
haha cukup sekian dari gue hari ini :)
walaupun gue bukan "ABENK" atau "Anak Bengkel",tapi gue tau sedikit.yaaahh hitung2 juga nambah wawasan kalian ~
oke lebih kurangnya gue minta maaf yahh ~
Related Posts:
mat rempit part IV tujuan kami membuat video ini bukan lah hanya untuk menunjukkan skill,akan tetapi kami tetap mengutamakan kebersamaan :) dengan kebersamaan,kami dapat menjadi teman yg sejati,susah senang selalu bersama. inilah video versi … Read More
Modifikasi Satria FU 150 cchey guys ? ini gua kemgali lagi mau ngasih kabar terbaru tentang "Bagaimana Tips memodifikasi motor satria FU anda agar terlihat lebih menarik?" haha tentunya dengan tampilan baru pada kaki-kaki dengan mengganti velg Racing a… Read More
mat rempit menggila part III ternyata dengan standing menaiki motor itu dapat membuat streess hillaaaanngg ! pendekatan dengan teman juga membaik berkat kebersamaan kami disini. itulah arti sahabat versi guwey :)… Read More
Mat Rempit Menggila di video ini dan yg pertama kali kami buat terasa kebersamaanya.tertawa bersama,senang bersama,mengalihkan penat hidup kami yg susah.dalam video ini sangat jelas terlihat kami sangat bahagia.selalu kami tutupi kekurangan da… Read More
Modifikasi Motor Supra 100cc Di dunia otomotif memang gak bakalan ada habisnya bahkan motor sekalem den selembut Supra x 100 pun bisa menjadi korban dari modifikasi.Untuk membuat motor Honda Supra x 100 kencang, kebanyakan mekanik melakukan beberapa upg… Read More
The 13 Best Casinos in Washington DC (2021)
BalasHapusBest 광주광역 출장샵 Casinos in Washington 출장안마 DC, with detailed 부천 출장마사지 reviews, ratings, 천안 출장마사지 latest bonus codes 속초 출장안마 & promotions. Mapyro brings you the best casino in the DC area.